SELAMAT DATANG & SELAMAT MENIKMATI BLOG INI

Minggu, 14 Oktober 2012

USAHA MANUSIA MEMENUHI KEBUTUHAN

MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN MAKHLUK EKONOMI Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak mungkin hidup sendiri dalam memenuhi kebutuhannya tanpa bantuan orang lain, karena memang manusia diciptakan Tuhan untuk saling berinteraksi, bermasyarakat / bersilaturahmi dengan sesama serta dapat saling tolong menolong dalam memenuhi kebutuhannya Kebutuhan untuk bermasyarakat atau berkumpul dengan sesama merupakan kebutuhan dasar (naluri) manusia itu sendiri yang dinamakan Gregariousness. Maka dengan demikian manusia merupakan makhluk sosial (Homo Socius) yaitu makhluk yang selalu ingin berinteraksi dengan sesama/ bergaul. Manusia dalam memenuhi kebutuhannya di ungkapkan oleh Adam Smith ( 1723-1790) dalam bukunya yang berjudul “ An Inquiry into the nature and causes of the wealth of nations”, yaitu Manusia merupakan makhluk ekonomi (Homo Economicus) yang cenderung tidak pernah merasa puas dengan apa yang diperolehnya dan selalu berusaha secara terus menerus dalam memenuhi kebutuhannya. (self Interest).

CIRI CIRI MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL YANG BERMORAL.
  • Naluri untuk saling tolong menolong.
  • Setia kawan dan toleransi serta simpati dan empati terhadap sesamanya.
  • Keadaan inilah yang dapat menjadikan suatu masyarakat yang baik, harmonis dan rukun, hingga timbullah norma, etika dan kesopan santunan yang dianut oleh masyarakat.
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK EKONOMI MEMILIKI CIRI- CIRI
  • Sikap tak pernah puas
  • Banyak keinginan dan kebutuhan
  • Cenderung melakukan tindakan ekonomi atas dasar kepentingan sendiri
  • Cenderung melakukan tindakan ekonomi secara efisien. ( selalu memikirkan perbandingan antara apa yang dikorbankan/ dikeluarkan dengan apa yang akan dicapai / hasilnya.).
  • Cenderung memilih suatu kegiatan /aktifitas yang paling dekat dengan pencapaian tujuan yang diinginkan.
AYO KITA LIAT POWER POINT NYA SAMA-SAMA.........!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar